Daftar Lengkap Mata Kuliah Arsitektur ITB

Ilmu Arsitektur tak cuma membahas masalah teknik namun justru menitikberatkan pada seni dan estetika. Ada banyak universitas di Indonesia baik negeri maupun swasta yang membuka program studi arsitektur di bawah fakultas teknik. Paling populer adalah jurusan arsitektur ITB di Bandung. Mata kuliah arsitektur ITB mencakup berbagai aspek penting ilmu arsitektur.

Masuk ke jurusan Arsitektur, para mahasiswa dilatih agar menjadi ahli dalam merancang bangunan sesuai keinginan dan pastinya melibatkan aspek fungsi, estetika sekaligus skeamanan. Mahasiswa arsitektur pun akan mampu merencanakan biaya pembangunan sebuah bangunan.

Jangan ditanya lagi prospek kerja dari lulusan arsitektur, banyak sekali. Besarnya permintaan rumah yang nyaman menjadikan para jebolan jurusan Arsitektur banyak dibutuhkan dalam merancang rumah idaman.

Para alumni Arsitektur pun banyak diminta perusahaan pengembang yang bisnis utamanya adalah membuka sebuah kawasan. Demikian juga perusahaan kontraktor membutuhkannya ketika akan mendesain gedung atau hunian berdasarkan permintaan konsumen. Tentu bukan itu saja sebab lulusannya pun dapat mendirikan kantor konsultan Arsitek untuk menangani berbagai bidang Arsitek mulai dari Cost estimator, Construction documentary, Building controller, dll & ada juga kuliah kelas karyawan.

Sekilas Jurusan Arsitektur ITB

Terbentuk 25 Oktober 1950 silam, Program Studi Arsitektur ITB mengusung visi sebagai pusat studi regional mengenai Arsitektur Tropis dan Lingkungan Binaan Berkelanjutan di Negara Berkembang. Program Studi Arsitektur ITB memiliki orientasi pada peningkatan kemampuan dalam memahami berbagai isu nyata sekaligus memberikan solusi atas tantangan di dunia arseitektur dan lingkungan binaan yang kian rumit.

Berbagai mata kuliah Arsitektur ITB dibuat agar bisa mencetak mahasiswa yang paham akan ilmu arsitektur yang selalu berinovasi, disesuaikan dengan perkembangan serta dinamika peradaban manusia, sains dan teknologi, seni dan desain serta budaya. Landasan filosofi dari mata kuliah arsitektur ITB ini yaitu “belajar sepanjang hayat, pembelajaran berbasis pengetahuan, pembelajaran yang berpusat pada mahasiswa.

Mahasiswa Arsitektur ITB akan mempelajari pengetahuan dan keterampilan dasar sehingga mereka dapat berkarya secara profesional maupun bila ingin meneruskan ke strata pendidikan lebih tinggi. Dalam mata kuliah arsitektur ITB ini cakupannya ada pada lima aspek yaitu : prinsip keterbangunan, estetika, teknologi bangunan, sejarah dan teori arsitektur dan perkembangan permukiman. Studio merupakan pokok dari pembelajaran para mahasiswa arsitektur ITB.

Studio ini menjadi pusat aktivitas dan penelitian laboratorium yang akan mengeksplorasi proses kreatif maupun analitis serta memberikan mengkritisi kritik atas solusi desain. Yang juga penting yaitu menjadi sarana untuk integrasi berbagai aspek yang dicakup dalam bidang arsitektur.

Daftar mata kuliah Arsitektur ITB

Selama menuntut ilmu di jurusan Arsitektur ITB, para mahasiswa harus menyelesaikan 144 SKS. Jumlah SKS itu terbagi dalam sejumlah mata kuliah arsitektur ITB berikut ini :

  1. Matematika IA
  2. Fisika Dasar IB
  3. Kimia Dasar I B
  4. Dasar Perencanaan dan Perancangan
  5. Pengenalan Komputasi
  6. Matematika IIA
  7. Fisika Dasar IIB
  8. Teknik Komunikasi dan Presentasi
  9. Pengantar Rekayasa & Desain
  10. Olah Raga
  11. Tata Tulis Karya Ilmiah
  12. Bahasa Inggris
  13. Studio PerancanganArsitektur I
  14. Studio Konstruksi dan Bahan Bangunan
  15. Apresiasi Arsitektur
  16. Dasar-dasar Struktur Bangunan
  17. Prinsip Desain Arsitektur
  18. Sejarah dan Tradisi Arsitektur Dunia
  19. Lingkungan Binaan Berkelanjutan
  20. Studio Perancangan Arsitektur II
  21. Studio Komputasi Arsitektur
  22. Studio Gubahan Ruang dan Bentuk
  23. Teori Desain Arsitektur
  24. Perilaku dan Desain Arsitektur
  25. Sejarah dan Tradisi Arsitektur Indonesia
  26. Agama dan Etika
  27. Studio PerancanganArsitektur III
  28. Studio Perencanaan dan Perancangan Tapak
  29. Studio Konstruksi dan Bahan Bangunan II
  30. Fisika Bangunan
  31. Perkembangan Tipologi Arsitektur
  32. Studio PerancanganArsitektur IV
  33. Studio Struktur dan Bentuk
  34. Utilitas Bangunan
  35. Manajemen Proyek
  36. Perancangan Perumahan dan Permukiman
  37. Studio PerancanganArsitektur V
  38. Persiapan Tugas Akhir
  39. Ujian Komprehensif
  40. Pengantar Arsitektur Kota
  41. Seminar Arsitektur
  42. Tugas Akhir
  43. Praktek Profesi Arsitek
  44. Kritik Arsitektur
  45. Pancasila dan Kewarganegaraan

Demikian Daftar Lengkap Mata Kuliah Arsitektur ITB yang perlu untuk anda ketahui,

Leave a Comment